Related Articles



OSTEOMIELITIS

DEFINISI
Osteomielitis adalah infeksi akut atau kronik pada tulang (medullary spase) yang disebabkan oleh kuman. Penyebab tersering adalah Staphylococcus aureus, sedangkan Streptococcus, Staphylococcus koagulasi (-), Haemophilus influenza, kuman gram (-) adalah penyebab yang jarang ditemukan. Kejadian osteomielitis umumnya banyak terjadi pada anak-anak dengan umur 5-14 tahun, laki-laki lebih banyak daripada perempuan, sedangkan pada usia dewasa umumnya berupa vertebral osteomyelitis atau akibat vascular insufficiency yang terjadi pada umur 50-70 tahun.

ETIOLOGI
Infeksi dapat terjadi secara :
      Hematogen, dari fokus yg jauh seperti kulit, tenggorokan
      Kontaminasi dari luar (fraktur terbuka, tindakan operasi pada tulang)
      Perluasan infeksi jaringan ke tulang di dekatnya.
Osteomielitis pada rahang lebih banyak terjadi pada mandibula daripada maksila, karena vaskularisasi di maksila lebih banyak daripada mandibula. Osteomielitis mandibula dapat terjadi akibat dari infeksi gigi (abses gigi), fraktur terbuka, serta keadaan malnutrisi pada anak-anak.

PEMERIKSAAN & DIAGNOSIS
            Pada anamnesis dapat ditemukan gejala osteomielitis yaitu demam, terdapat nyeri, dan sulit membuka dan menutup mulut. Pada pemeriksaan ditemukan adanya hiperemis, perabaan hangat, terdapat pembengkakan lokal dan nyeri tekan, serta gerakan rahang yang terbatas.
Pemeriksaan laboratorium meliputi needle aspiration atau bone biopsy yang
merupakan gold standart dalam menentukan diagnosis  (definitive diagnosis). Kultur darah untuk menemtukan kuman yang menginfeksi dan dilakukan sebelum pemberian antibiotik. Pada osteomielitis akut ditemukan Leukositosis, sedangkan osteomielis kronik tidak ditemukan.
Pemeriksaan penunjang meliputi rontgen AP-L, hasil rontgen ini baru terlihat 2-3 minggu setelah infeksi akut. Pada rontgen terlihat destruksi tulang dan reaksi periosteum pembentukan tulang baru. CT-scan dapat diperoleh hasil yang lebih jelas, sedangkan MRI lebih sempurna namun mahal.



Figure 1. CT findings of mandibular osteomyelitis. (A) Defect in the trabecular bone (arrow). (B) Osteosclerosis (arrow) and thickening of cortical bone (arrowhead). (C) Defect in the cortical bone (white arrow), periosteal reaction (white arrowhead) and osteosclerosis (black arrow). (D) Sequestrum (arrow) and thickening of the cortical bone (arrowhead). (E) Periosteal reaction (arrowhead) and defects of the cortical bone (arrows). (F) Change in the bone width (between arrows).



Figure 2. Topological frequency of osteomyelitis detected on CT images of 78 patients.



Figure 3. Bilateral involved mandible demonstrating typical signs of osteomyelitis (OM), including a periosteal reaction of (a) the left mandible and (b) a clearly demarked sequestrum.


PENGOBATAN
      Obat-obatan    : Antibiotika, anti inflamasi, analgetik
      Surgical drainage dan pengangkatan jaringan nekrotik
      Hilangkan causa รจ extraksi gigi yg sakit

PENCEGAHAN
      Dental Hygiene yang baik
      Konsultasi dengan dokter gigi
      Segera memeriksakan gigi yang sakit

0 comments