Related Articles



 

HIDROKEL
  Definisi Hidrokel adalah penumpukan cairan yang berlebihan antara lapisan tunika vaginalis parietalis dan viseralis.   Etiologi Pada bayi baru lahir, hidrokel disebabkan oleh:
  1. belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis sehingga terjadi cairan peritoneum ke prosesus vaginalis.
  2. belum sempurnanya sistem limfatik di daerah skrotum dalam melakukan reabsorpsi cairan hidrokel.
  Pada dewasa, hidrokel dapat terjadi secara primer (idiopatik) maupun sekunder. Penyebab sekunder terjadi karena didapatkan kelainan pada testis ataupun epididimis yang menyebabkan terganggunya sistem sekresi atau reabsorpsi cairan di kantong hidrokel. Contoh: tumor, infeksi, trauma.   Gambaran Klinis keluhan pasien: benjolan tidak nyeri di skrotum pemeriksaan fisis: benjolan di skrotum dengan konsistensi kistus. Test transiluminasi(+).   Jenis-jenis Hidrokel Berdasarkan letak kantong hidrokel terhadap testis, secara klinis dibedakan 3 macam hidrokel:
  1. Hidrokel testis
kantong hidrokel seolah-olah mengelilingi testis sehingga testis tak dapat diraba.
  1. Hidrokel funikulus
kantong hidrokel berada di funikulus, yaitu di sebelah kranial dari testis, sehingga pada palpasi testis dapat diraba dan berada di luar kantong hidrokel.
  1. Hidrokel komunikan
Terdapat hubungan antara prosesus vaginalis dengan rongga peritoneum sehingga prosesus vaginalis dapat terisi cairan peritoneum.   Terapi Pada bayi: ditunggu sampai anak berusia 1 tahun, dengan harapan setelah prosesus vaginalis menutup, hidrokel akan sembuh sendiri. Kalau hidrokel bertambah besar atau tetap, perlu dilakukan koreksi.   Tindakan:
  1. aspirasi
  2. operasi
  indikasi operasi:
  1. hidrokel menekan pembuluh darah
  2. kosmetik
  3. hidrokel permagna yang dirasakan terlalu berat sehingga menganggu pasien dalam melaksanakan aktivitas.
  Pada hidrokel testis dewasa dilakukan pendekatan skrotal dengan melakukan eksisi dan marsupialisasi kantong hidrokel sesuai cara Winkelman atau plikasi kantong hidrokel sesuai cara Lord.   Pada hidrokel funikulus dilakukan ekstirpasi hidrokel secara in toto.

0 comments